Monday, November 7, 2011

Mengenal Akuntansi

DEFINISI AKUNTANSI
Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, & melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan dilakukannya penilaian serta pengambilan keputusan secara jelas & tegas bagi pihak-pihak yang menggunakan informasi tersebut.


BIDANG AKUNTANSI
1. Akuntansi Keuangan
Menyangkut masalah pencatatan transaksi dalam suatu perusahaan atau unit ekonomi yang lain & mengenai penyusunan laporan keuangan secara periodik dari catatan-catatan tersebut.
2. Auditing
Menyangkut suatu pemeriksaan atas catatan-catatan akuntansi secara bebas. Dalam melaksanakan suatu pemeriksaan, seorang akuntan publik memeriksa catatan-catatan yang mendukung laporan keuangan sebuah perusahaan & memberikan pendapatnya mengenai kelayakan dan kewajaran laporan tersebut.
3. Akuntansi Manajemen
Menggunakan data historis maupun data tafsiran untuk membantu manajemen dalam operasi sehari-hari & perencanaan operasi mendatang. Bidang akuntansi ini juga mengolah soal-soal khusus yang dihadapi para manajer perusahaan dari berbagai jenjang organisasi.
4. Akuntansi Biaya
Menekan masalah penetapan & pengendalian biaya. Ruang lingkupnya ialah biaya selama proses produksi harga pokok dari barang yang selesai diproduksi. Tujuannya ialah mengumpulkan & menginformasikan data biaya, baik berupa data aktual maupun data tafsiran.
5. Akuntansi Perpajakan
Mencakup penyusunan surat pemberitahuan pajak serta mempertimbangkan konsekuensi perpajakan dari transaksi usaha yang direncanakan.
6. Akuntansi Anggaran
Menyajikan rencana operasi keuangan untuk suatu periode tertentu & menyampaikan data perbandingan dari operasi sebenarnya dengan rencana yang telah ditetapkan.
7. Akuntansi Pendidikan
Bidang spesialisasi akuntansi yang bergerak dalam penyebaran pendidikan akuntansi pada masyarakat.
 
KEGUNAAN AKUNTANSI
1. Untuk mendapatkan informasi ekonomi (informasi keuangan perusahaan) yang akurat sehingga pemakai dapat mengambil keputusan dengan tepat.
2. Untuk memberikan pertanggung jawaban manajemen kepada para pemilik perusahaan.
3. Untuk mengetahui perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun (maju-mundurnya perusahaan).

PROFESI AKUNTAN
1. Akuntan Publik
Akuntan Indepeden yang memberikan jasa-jasanya atas dasar pembayaran tertentu.
2. Akuntan Intern
Akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi.
3. Akuntan Pemerintah
Akuntan yang bekerja pada badan-badan pemerintah.
4. Akuntan Pendidik
Akuntan yang bertugas dalam pendidikan akuntansi.



Source : Buku Akuntansi SMU 1, Penerbit Erlangga

0 comments:

Post a Comment

 

(c)2009 Infinitely World. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger